Identifier dibagi menjadi 2 jenis, yaitu:
1.
Variabel
2.
Konstanta
1. Variabel
Variabel adalah nama yang digunakan dalam memori komputer untuk menyimpan suatu nilai.
Nilai suatu variabel dapat berubah-ubah selama program berjalan.
1. Variabel
Variabel adalah nama yang digunakan dalam memori komputer untuk menyimpan suatu nilai.
Nilai suatu variabel dapat berubah-ubah selama program berjalan.
Cara mendeklarasikan variabel:
tipe_data nama_variabel
Ketentuan pemberian nama untuk variabel :
tipe_data nama_variabel
Ketentuan pemberian nama untuk variabel :
1. Tidak boleh sama dengan nama keyword reserved,
function, dan harus unik
2. Maksimum 32 karakter. Bila lebih, maka karakter
selebihnya tidak akan diperhatikan oleh komputer
3. Case sensitive : membedakan huruf besar dan kecil
3. Case sensitive : membedakan huruf besar dan kecil
4. Karakter pertama harus huruf atau underscore (_)
5.Tidak boleh mengandung spasi / blank , tanda – , dan
tanda #
Contoh :
Nama variabel dan nilai
username = “joni”
Nama = “Al-Khawarizmi”
Harga = 2500
Harga Total = 34000
Nama variabel dan nilai
username = “joni”
Nama = “Al-Khawarizmi”
Harga = 2500
Harga Total = 34000
username, Nama, harga dan HargaTotal adalah nama dari variabel, sedangkan “joni”, “Al-Khawarizmi”, 2500
dan 34000 adalah nilai dari masing-masing variabel. Nilai-nilai ini
akan tersimpan di dalam nama variabel masing-masing sepanjang tidak
kita rubah.
Contoh studi kasus mengenai variabel :
| Penanaman Yang Benar | Penanaman Yang Salah |
| namasiswa | nama siswa (salah karena menggunakan spasi) |
| XY12 | 12X (salah karena dimulai dengan angka) |
| harga_total | harga.total (salah karena menggunakan karakter .) |
| JenisMotor | Jenis Motor (salah karena menggunakan spasi) |
| alamatrumah | for (salah karena menggunakan kata kunci bahasa pemrograman) |
2. Konstanta
Konstanta adalah variabel yang nilai datanya bersifat tetap dan tidak bisa
diubah. Jadi konstanta adalah juga variabel bedanya adalah pada nilai yang
disimpannya. Jika nilai datanya sepanjang program berjalan tidak berubahubah,
maka sebuah varibel lebih baik diperlakukan sebagai konstanta. Pada
sebuah kode program, biasanya nilai data dari konstanta diberikan langsung di
bagian deklarasi konstanta. Sedangkan untuk variabel biasanya hanya
ditentukan nama variabel dan tipe datanya tanpa isian nilai data. Aturan
penamaan variabel juga berlaku untuk penamaan konstanta. Demikian juga
aturan penetapan tipe data.
konstanta dibagi menjadi 4:
- Konstanta integer, berupa integer biasa, integer panjang (long int) dan integer tak bertanda (unsigned integer). Nilainya dapat berupa desimal, oktal atau hexadesimal.
- Konstanta floating point, dapat mengandung nilai pecahan, yang biasa ditulis dalam bentuk pecahan biasa maupun bentuk eksponensial dan selalu dinyatakan dalam double, kecuali jika diakhiri dengan F atau f (menyatakan konstanta float).
- Konstanta string, merupakan deretan karakter yang diawali dan diakhiri dengan tanda petik ganda (“…“). Juga dapat mengandung karakter yang menggunakan tanda yang disebut karakter escape (escape sequence).
- Konstanta karakter, selalu diawali dan diakhiri dengan tanda petik tunggal (‘…’). Beberapa konstanta karakter dapat diawali dengan tanda \(penempatannya setelah tanda petik tunggal).
Ketentuan pemberian nama untuk konstanta yaitu :
1. Konsep konstanta mirip dengan variabel
2. Nilai suatu kontanta tidak dapat
berubah-ubah selama program berjalan.
Cara mendeklarasikan konstanta:
Cara mendeklarasikan konstanta:
#define
nm_konstanta nilai;
Tipe Data Dasar
C++
Tipe data adalah jenis data yang dapat digunakan di
dalam komputer.
Tipe Data
|
Ukuran (Byte)
|
Jangkauan
|
Char
Int
Long Int
Float
Double
Long Double
|
1
2
4
4
8
10
|
0 s.d 255
-32768 s.d 32767
-2.147.435.648 s.d 2.147.435.648
3,4E-38 s.d 3,4E+38
1,7E-308 s.d 1,7E+308
3,4E-4932 s.d 1,1E+4392
|
Studi kasus mengenai konstanta :
Sebagai contoh, jika membuat program perhitungan matematika yang menggunakan nilai pi (3.14159) yang mungkin akan muncul dibanyak tempat pada kode program, dapat membuat pi sebagai konstanta. Penggunaan konstanta pi akan lebih memudahkan penulisan kode program dibanding harus mengetikkan nilai 3.14159 berulang-ulang.
Referensi :
https://www.academia.edu/9630431/contoh_makalah_struktur_data
Anonim. 2015. Materi Tipe Data dan Variabel. Diakses tanggal 5 Juni 2015 pada
http://www.slideshare.net/wawanext01/materi-tipe-data-dan-variabel
Anonim.2015. Data Variabel dan Konstanta. Diakses pada tanggal 5 Juni 2015 pada
http://regitat.blogspot.com/2013/06/tipe-datavariabeldan-konstanta.html
Sebagai contoh, jika membuat program perhitungan matematika yang menggunakan nilai pi (3.14159) yang mungkin akan muncul dibanyak tempat pada kode program, dapat membuat pi sebagai konstanta. Penggunaan konstanta pi akan lebih memudahkan penulisan kode program dibanding harus mengetikkan nilai 3.14159 berulang-ulang.
Referensi :
Anonim.
2015. Makalah Struktur Data.
Diakses tanggal 5 Juni 2015 pada
https://www.academia.edu/9630431/contoh_makalah_struktur_data
Anonim. 2015. Materi Tipe Data dan Variabel. Diakses tanggal 5 Juni 2015 pada
http://www.slideshare.net/wawanext01/materi-tipe-data-dan-variabel
Anonim.2015. Data Variabel dan Konstanta. Diakses pada tanggal 5 Juni 2015 pada
http://regitat.blogspot.com/2013/06/tipe-datavariabeldan-konstanta.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar